Detailnya Persiapan Pramusim Bikin Van Gaal Dipuji Eks Bek 'Setan Merah'

Detailnya Persiapan Pramusim Bikin Van Gaal Dipuji Eks Bek ‘Setan Merah’

Detailnya Persiapan Pramusim Bikin Van Gaal Dipuji Eks Bek 'Setan Merah'

Manchester – Untuk pertama kalinya, Louis van Gaal bakal menjalani masa pramusim yang relatif panjang bersama Manchester United. Persiapan mendetail yang dilakukan Van Gaal jelang tur pramusim tersebut mendapatkan pujian dari eks bek ‘Setan Merah’, Denis Irwin.

Tahun lalu, Van Gaal baru bergabung setelah menyelesaikan tugasnya sebagai pelatih tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014. Bersama Oranje, Van Gaal sukses melaju sampai ke semifinal, lalu meraih tempat ketiga di turnamen tersebut.

Imbasnya, Van Gaal relatif telat bergabung dengan United. Dia tak ikut terlibat dalam proses persiapan tur pramusim United yang dilakukan di Amerika Serikat. Hasilnya, Van Gaal terang-terangan kecewa dengan jarak yang harus ditempuh timnya selama di AS. Dia juga mengritik panjangnya jadwal tur yang berpotensi membuat anak-anak asuhnya menjadi kelelahan.

Tahun ini, Van Gaal turun tangan langsung dalam proses persiapan tur pramusim –yang kembali akan dilakukan di AS. Selain memutuskan panjangnya jadwal tur, Van Gaal juga mengatur di mana tim harus menginap.

“Tahun lalu, dia datang terlambat karena Belanda melaju jauh di Piala Dunia. Jadi, dia tak terkait dengan persiapan tur tahun lalu. Tahun ini, dia bisa mengaturnya sendiri. Dia mengatur jarak perjalanan, di mana kami akan menginap, di mana kami berlatih, dan mengatur agar ada jeda empat hari antara satu laga dengan laga lainnya,” ujar Irwin di situs resmi klub.

“Persiapan yang dilakukannya unik karena amat mendetail.”

“Dia sudah menantikan tur itu dan, mengingat di dua laga terakhir kami akan menghadapi Barcelona dan PSG, tur ini berjalan semakin berat menjelang akhir. Tapi, kebugaran pemain juga akan terasah dan inilah yang benar-benar diinginkan olehnya,” kata Irwin.

Tur pramusim United akan dimulai pada 17 Juli 2015, di mana Club America dijadwalkan menjadi lawan mereka. Setelahnya, United akan menghadapi San Jose Earthquakes (21 Juli), Barcelona (25 Juli), dan PSG (29 Juli).