Aubameyang Hat-trick, Dortmund Tekuk FK Qabala

Aubameyang Hat-trick, Dortmund Tekuk FK Qabala

Aubameyang Hat-trick, Dortmund Tekuk FK Qabala

Baku – Borussia Dortmund meraup poin penuh dalam lawatan ke markas FK Qabala di matchday III fase grup Liga Europa. Dortmund menang 3-1 atas tim asal Azerbaijan tersebut berkat tiga gol yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang.

Dengan kemenangan tersebut, Dortmund duduk di puncak klasemen Grup C dengan nilai 7. Mereka unggul empat poin atas Krasnodar yang ada di posisi kedua. Krasnodar sendiri baru akan bermain beberapa jam lagi menghadapi PAOK. Sementara itu, Qabala duduk di posisi keempat dengan nilai 1.

Jalannya Pertandingan

Dalam laga yang dihelat di Bakcell Arena, Baku, Kamis (22/10) malam WIB, tersebut, Dortmund memang tampil amat dominan. Ini terlihat dari jumlah penguasaan bola yang mencapai 73%. Selain itu, Dortmund juga unggul dalam percobaan untuk mencetak gol. Tim besutan Thomas Tuchel itu menorehkan 17 attempts (11 on target), sementara Qabala hanya menorehkan 9 attempts (4 on target).

Pada lima menit pertama pertandingan, Dortmund sudah mendapatkan dua peluang dari Matthias Ginter dan Jonas Hofmann. Sial bagi keduanya, usaha mereka untuk membobol gawang masih bisa diamankan oleh kiper Qabala, Dmitry Bezotosnyi.

Qabala kemudian membalas lewat Sergei Zenjov di menit ketujuh. Ia menerima umpan silang yang dilepaskan dari sisi kiri. Namun, sundulan yang dilepaskan Zenjov dari dalam kotak penalti masih melenceng dari sasaran.

Lima belas menit pertandingan berjalan, Aubameyang mendapatkan peluang pertamanya. Berawal dari umpan yang dilepaskan Park Joo-Ho, pemain depan tim nasional Gabon itu melakukan sundulan. Usahanya juga gagal setelah sundulan tersebut melambung di atas mistar gawang.

Baru pada menit ke-31, Aubameyang bisa membobol gawang Qabala. Aubameyang, yang berada di sisi kanan pertahanan Qabala, menerima operan dari Marco Reus. Setelah melihat dirinya mendapatkan cukup ruang, ia langsung melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Sepakannya melengkung dan masuk ke arah tiang jauh gawang Qabala.

Tujuh menit berselang, Aubameyang mencetak gol keduanya sekaligus membawa Dortmund unggul 2-0. Kali ini, ia bekerjasama dengan Shinji Kagawa sebelum akhirnya menusuk masuk ke kotak penalti dari sisi kiri. Aubameyang lantas menaklukkan Bezotosnyi dengan sepakan kaki kanan.

Skor 2-0 tersebut bertahan sampai babak pertama selesai. Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-58, Aubameyang kembali mendapatkan peluang. Namun, tendangannya kali ini masih mengarah tepat ke tangkapan Bezotosnyi.

Kendati Dortmund sempat mendapatkan beberapa peluang, baru pada menit ke-72 mereka bisa mencetak gol ketiga. Gol bermula dari sepak pojok di sisi kiri pertahanan Qabala. Bola yang jatuh di depan kotak penalti Qabala langsung disambar oleh Sven Bender. Tendangan Bender masih bisa ditepis oleh Bezotosnyi, tetapi bola rebound langsung disambar oleh Aubameyang.

Unggul tiga gol tidak membuat Dortmund mengendurkan tekanan. Setelahnya, mereka masih sempat menciptakan peluang tendangan Ginter dan juga Kagawa. Tetapi, tidak ada gol tambahan mereka ciptakan.

Sebaliknya, pada menit ke-90, gawang Dortmund malah bobol. Gol bermula dari kemelut kecil di depan gawang Dortmund, di mana dua kali sepakan yang dilakukan oleh Aleksiy Antonov diblok, masing-masing oleh kiper Roman Weidenfeller dan Julian Weigl. Tetapi, tendangan Antonov selanjutnya berhasil dibelokkan Dodo yang berdiri tepat di depan gawang.

Skor 3-1 kemudian bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Susunan Pemain

FK Qabala: Bezotosnyi, Stankovic, Vernydub, Ricardinho, Dashdemirov, Zenjov (Zec 79), Dodo, Gay, Pereyra (Zargarov 60), Meza (Sadiqov 83), Antonov.

Borussia Dortmund: Weidenfeller, Park (Schmelzer 69), Hummels (Piszczek 63), Sokratis, Ginter, Guendogan (Bender 63), Weigl, Hofmann, Reus, Kagawa, Aubameyang.