UEFA: Platini Akan Banding dan Belum Diganti

UEFA: Platini Akan Banding dan Belum Diganti

UEFA: Platini Akan Banding dan Belum Diganti

Zurich – Konfederasi Sepakbola Eropa (UEFA) memberikan pernyataan resmi mengenai hukuman FIFA untuk presiden mereka, Michel Platini. Dia akan banding dan belum akan diganti.

Platini merupakan salah satu dari empat orang yang dihukum oleh Komite Etik FIFA. Dia tak boleh berkecimpung di dunia sepakbola selama 90 hari ke depan. Hukuman itu bisa bertambah 45 hari lagi jika diperlukan.

Selain Platini, Sepp Blater dan Jerome Valcke juga mendapatkan hukuman yang sama. Sementara itu, kandidat presiden Chung Mong-joon disanksi enam tahun.

Sanksi ini diberikan sebagai buntut dari penyelidikan kasus skandal korupsi yang tengah terjadi di federasi sepakbola dunia itu.

UEFA menilai bahwa Platini akan melakukan banding untuk membersihkan namanya. Oleh karena itu, tugas Platini sementara akan digantikan wakil presiden UEFA.

“Komite Eksekutif UEFA melihat bahwa tidak perlu, di saat ini dan di waktu ini, untuk mengaktifkan artikel 28(5) dari stauta UEFA, sesuai dengan peringkat tertinggi, wakil presiden UEFA akan mengisi kekuasaan dan tugas selama ketidak hadiran presiden,” kata pernyataan resmi UEFA seperti dilansir Reuters.

“Ini karena Komite Eksekutif UEFA sadar bahwa presiden UEFA akan segera melakukan langkah yang diperlukan untuk melakukan banding atas putusan Komite Etik FIFA guna membersihkan namanya,” imbuhnya.