Hamann Yakin Firmino Bakal Jadi Aset Penting untuk Liverpool

Hamann Yakin Firmino Bakal Jadi Aset Penting untuk Liverpool

Hamann Yakin Firmino Bakal Jadi Aset Penting untuk Liverpool

Liverpool – Punya kemampuan yang lengkap dan sudah siap secara mental, membuat Roberto Firmino diyakini bakal jadi aset penting untuk Liverpool ke depannya. Demikian diungkapkan Dietmar Hamann.

Didatangkan awal musim ini dengan nilai transfer 29 juta poundsterling, Firmino sempat mengalami kesulitan di beberapa pertandingan pertamanya bersama Liverpool. Dalam enam laga pertama di Premier League, pemain asal Brasil itu tak mampu memberikan kontribusi nyata untuk tim.

Baru sejak kedatangan Juergen Klopp, penampilannya membaik. Sejak saat itu, dia sudah tampil empat kali di liga dengan torehan satu gol dan tiga assist. Satu penampilannya yang menuai pujian besar adalah saat membawa Liverpool menang 4-1 atas Manchester City di Etihad Stadium akhir pekan kemarin.

Di laga itu dia mencetak satu gol dan menyumbang dua assist. Manuvernya pula yang berbuah gol bunuh diri dari Eliaquim Mangala untuk membuka skor Liverpool di pertandingan tersebut.

Hamann pribadi percaya Firmino sudah punya segala yang dibutuhkan untuk menjadi andalan tim. Sebagai pemain, gelandang 24 tahun itu punya kemampuan teknik mumpuni khas pemain Amerika Selatan. Tapi pengalaman bermain di Bundesliga selama empat setengah musim membuatnya tertempa untuk mampu bermain direct.

Selain itu pengalaman di Bundesliga juga membuatnya sudah siap secara fisik untuk tampil di Inggris yang dikenal keras dan bertempo cepat. Satu hal lain yang juga jadi keunggulannya adalah kemampuan untuk bermain di sejumlah posisi.

Firmino bisa ditempatkan sebagai nomor 10, tapi juga andal dimainkan pos penyerang sayap dan juga sebagai false nine. Di laga melawan City lalu, dia bermain sebagai false nine sementara peran nomor 10 diemban oleh Philippe Coutinho.

“Dia adalah pemain yang sangat bertalenta. Saya berbicara dengan orang-orang yang pernah bekerja dengannya, Markus Babbel adalah pelatihnya di Hoffenheim, dan saya melihat begitu banyak hal,” kata Hamann di situs resmi Liverpool.

“Dia sangat direct, dia sedikit berbeda dari Coutinho. Itu sebabnya dia juga bisa memainkan peran sebagai false nine atau sebagai penyerang tengah.”

“Dia punya kemampuan yang luar biasa dan bersama kekuatan mental yang dia punya, saya rasa dia bisa menjadi aset besar bagi klub untuk masa mendatang,” sambungnya.

“Terkadang ketika para pemain Brasil atau Amerika Selatan datang ke Premier League, orang-orang bertanya apakah mereka bisa tahan dengan tuntutan fisiknya. Tapi saya rasa dia lebih berkarakter Jerman atau Eropa ketimbang para pemain Amerika Selatan umumnya, secara mental.”

“Dia tak pernah menyingkir dari sebuah tantangan di Jerman, dia selalu jadi salah satu pemain pertama yang menyambut duel-duel keras, dan saya rasa dia telah menunjukkannya di beberapa laga untuk klub,” demikian eks gelandang Liverpool ini.