Mourinho Identik dengan Main Defensif, Xavi: Dulu di Barca Tak Begitu

Mourinho Identik dengan Main Defensif, Xavi: Dulu di Barca Tak Begitu

Mourinho Identik dengan Main Defensif, Xavi: Dulu di Barca Tak Begitu

Doha – Dalam karier melatihnya, Jose Mourinho dianggap sebagai peracik taktik yang relatif lebih mengedepankan pertahanan. Ia disebut tidak seperti itu dulu di Barcelona.

Mourinho kini memang sedang berada dalam sorotan tajam seiring dengan performa Chelsea, timnya, yang tidak impresif. Tetapi tak dapat disangkal bahwa ia punya karier gemilang sebagai pelatih.

Dalam keberhasilan pria Portugal berusia 52 tahun itu menjuarai liga di empat negara berbeda, plus dua kali berjaya di Liga Champions dengan dua tim berbeda, hadir pula label permainan defensif yang mengiringi: Mourinho dinilai pragmatis sehingga timnya relatif identik dengan pertahanan berlapis–sampai ada yang menyebut gaya timnya dengan “parkir bus”.

Padahal, menurut mantan bintang Barca Xavi Hernandez, gaya Mourinho tidak seperti itu di awal masa merintis jalan sebagai pelatih pada pertengahan dekade 1990-an di Camp Nou–pertama-tama di bawah pelatih kepala Bobby Robson dan kemudian Louis van Gaal. Xavi juga menepis anggapan bahwa ketika itu Mourinho cuma jadi penterjemah belaka di Barca.

“Omong kosong. Ia adalah asisten pelatihnya, seseorang yang memahami filosof Barca dan memiliki banyak kesamaan karakteristik dengan Van Gaal,” ujar Xavi Hernandez dalam wawancaranya dengan ESPN.

“Ia amat dihormati oleh para pemain. Terkadang ia melatih kami sendiri di Barca B dan ia luar biasa,” jelas pesepakbola yang kini merumput di Qatar bersama Al Sadd tersebut.

“Saya terkejut sekarang ia dikenal dengan gaya sepakbola lain, lebih defensif, karena ia tak seperti itu saat bersama kami dulu,” tutur Xavi.

Mourinho mulai jadi pelatih kepala pada tahun 2000 di Benfica dan namanya naik daun setelah membesut Porto (2002-2004). Sejak itu ia sudah melatih Inter Milan (2008-2010) dan Real Madrid (2010-2013), dan sejak 2013 telah menangani Chelsea yang sebelumnya juga pernah ia tangani pada periode berbeda (2004-2007).