Arsenal Menang 2-0 di Markas Everton

Arsenal Menang 2-0 di Markas Everton

welbeckgolevertonchrisbrug

Liverpool – Arsenal menang 2-0 di markas Everton. Gol-gol Arsenal dibuat oleh Danny Welbeck dan Alex Iwobi di babak pertama.

Dalam pertandingan di Goodison Park, Sabtu (19/3/2016) malam WIB, Welbeck membuat The Gunners sudah memimpin ketika laga memasuki menit ke-7. Menjelang turun minum, Iwobi menambah keunggulan tim tamu.

Di paruh kedua pertandingan, baik Everton maupun Arsenal sama-sama mencatatkan peluang. Tapi tidak ada gol yang lahir lagi sampai dengan dibunyikannya peluit akhir.

Hasil itu mengakhiri rentetan tiga pertandingan tanpa kemenangan Arsenal di Premier League, setelah sebelumnya kalah dari Manchester United dan Swansea City, lalu bermain seri dengan Tottenham Hotspur.

Sementara untuk Everton, hasil tersebut membuat The Toffees sudah melewati 10 pertandingan terakhirnya di Premier League dengan empat kekalahan, tiga hasil seri, dan tiga kemenangan.

Tambahan tiga angka mengokohkan posisi Arsenal di tangga ketiga papan klasemen dengan 55 poin, tertinggal tiga poin dari Tottenham Hotspur di posisi dua dan delapan poin dari pemuncak klasemen Leicester City, selain juga unggul empat angka dari Manchester City yang baru melakoni 29 laga dan berada di tempat keempat. Sedangkan Everton saat ini menempati posisi 12 dengan raihan 38 poin.

Jalannya Pertandingan

Everton mengejutkan lini belakang Arsenal di menit-menit awal. Tendangan penjuru yang diambil Tom Cleverley mengarah rendah ke tiang dekat dan bisa disambut Seamus Coleman. Tapi bola sontekannya cuma kena bagian luar gawang.

Arsenal langsung merespons. Danny Welbeck melakukan penetrasi dari kiri, melewati pemain lawan seraya menyisir garis lapangan meski bola masih bisa disapu James McCarthy. Bola kena Welbeck, memantul ke tiang, lalu keluar lapangan.

Welbeck membuat Arsenal unggul 1-0 di menit ke-7. Sebuah kiriman bola dari Alexis Sanchez, usai bekerja sama satu-dua dengan rekannya yang lain, mengirim Welbeck tinggal berhadapan dengan Joel Robles. Welbeck tak membuang peluang.

Semenit kemudian Ramiro Funes Mori kehilangan bola, memberi kesempatan Arsenal untuk kembali menekan. Welbeck lalu mengoper bola ke Alex Iwobi yang melanjutkan dengan sepakan first time. Bola masih bisa diamankan kiper Joel.

Gabriel Paulista membuat hadangan bagus di menit ke-17, untuk mencegah umpan silang Aaron Lennon sampai ke arah Romelu Lukaku di depan gawang Arsenal. Lima menit sebelum itu Gabriel juga membuat intervensi tak kalah pentingnya.

Memasuki menit ke-21, celah di pertahanan Everton membuat Mesut Oezil sukses merangsek masuk kotak penalti untuk menerima bola. Tapi bola sepakannya masih membentur pemain lawan dan keluar lapangan. Sepak pojok yang kemudian didapat juga tak menghasilkan apa-apa.

Tekanan dilancarkan Everton dua menit berselang. Bola pertama dari Leighton Baines diblok Gabriel dan tembakan berikutnya dari Muhamed Besic diamankan David Ospina–meski bola sempat terlepas dan baru ia tangkap sepenuhnya sebelum menuju keluar lapangan.

Iwobi membuat Arsenal memimpin 2-0 ketika pertandingan memasuki menit ke-42. Everton kehilangan bola di area bertahan Arsenal dan Hector Bellerin pun kemudian mengirim umpan jauh ke depan untuk dikejar Iwobi. Bola lalu dikirim Iwobi melewati Joel untuk bikin gol.

John Stones, yang masuk di babak kedua, nyaris bikin kesalahan fatal di menit ke-52. Dalam usaha mengirim bola ke kiper sendiri, operannya justru melambung dekat dan dikuasai Welbeck. Tapi Stones membayar kesalahan dengan mencegah Welbeck menyepak bola yang pada akhirnya dapat diamankan oleh Joel.

Di menit ke-65, dari sisi kanan Seamus Coleman mengirim bola menjanjikan ke depan gawang. Romelu Lukaku menjulurkan kaki berusaha menjangkau bola dan bertabrakan dengan Ospina yang berusaha menghadang. Ospina lalu terkapar di lapangan sambil memegangi kepala. Ospina kemudian bisa melanjutkan pertandingan usai mendapatkan perawatan medis di atas lapangan.

Dari sebuah sepak pojok di menit ke-69, bola mengarah ke kotak penalti Arsenal untuk disambut Phil Jagielka dengan sundulan. Tapi bola masih melambung dari bidang sasaran.

Memasuki menit ke-83, Olivier Giroud menanduk bola ke dalam gawang Everton. Tapi gol tidak berlaku karena sudah terjadi pelanggaran terlebih dulu.

Lima menit kemudian Lukaku berhasil menyundul bola dari jarak dekat usai memenangi duel udara dengan Laurent Koscielny. Tapi bola belum merepotkan Ospina.

Susunan Pemain

Everton: Joel Robles, Baines, Funes Mori, Jagielka, Coleman, McCarthy, Besic (Stones 46′), Cleverley, Lennon, Barkley (Deulofeu 73′), Lukaku.

Arsenal: Ospina, Bellerin, Koscielny, Gabriel, Monreal, Coquelin, Elneny, Iwobi (Chambers 86′), Oezil (Gibbs 75′), Alexis, Welbeck (Giroud 75′).