Dominasi Pemain Impor pada Derbi Manchester

Dominasi Pemain Impor pada Derbi Manchester

Dominasi Pemain Impor pada Derbi Manchester

Dominasi Pemain Impor pada Derbi Manchester

MANCHESTE – Derbi Manchester ternyata kerap menjadi aksi panggung bagi pemain impor. Pemain lokal asli Manchester dan Inggris seakan terpinggirkan.

Tengok saja situs Daily Mail menurunkan berita yang isinya menyorot banyaknya pemain asing di kedua kubu: Manchester United dan Manchester City, satu hari sebelum derbi Manchester edisi 12 April 2015

Pada saat itu, Daily Mail menulis akan ada 14 pemain berdarah Spanyol dan hanya sembilan pemain yang mempunyai Inggris sebagai bahasa ibu. Kondisi itu belum menyorot pemain-pemain dari negara lain.

Bagaimana dengan derbi Manchester edisi 20 Maret 2016? Pemain asing masih bertebaran.

Jika mengacu pada skuat yang dirilis oleh situs Transfermarkt, maka jumlah pemain asing yang ada di City mencapai 20 orang dari total 24 pemain.

Berarti, hanya ada empat pemain yang merupakan pemain lokal. Mereka adalah dua kiper – Joe Hart dan Richard Wright – serta Raheem Sterling dan Fabian Delph.

Sterling dan Delph pun tidak berdarah asli Inggris. Sterling berdarah Jamaika, sedangkan Delph punya darah Guyana.

Pemain asing yang dominan di City adalah Argentina dan Perancis, masing-masing menyumbang lima dan empat pemain.

Yang lainnya berasal dari Belgia, Spanyol, Australia, Brasil, Pantai Gading, Nigeria, dan Serbia.

Bagaimana dengan di kubu Manchester United? Dari situs yang sama, ada 17 pemain asing dari total 27 pemain. Jadi, pemain Inggris tidak terlalu langka.

Sepuluh pemain Inggris yang ada di United adalah Sam Johnstone, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw, Michael Carrick, Ashley Young, Jesse Lingard, Wayne Rooney, Will Keane, dan Marcus Rashford.

Pemain asing dominan yang ada di United berasal dari Spanyol dan Argentina. Semuanya berbahasa ibu Spanyol. Yang lainnya berasal antara lain dari Italia, Ekuador, Prancis, Belgia, Brasil, dan Belanda. (Dian Savitri)