FA Ingin Ujicoba Teknologi Video di Laga-laga Timnas Inggris

FA Ingin Ujicoba Teknologi Video di Laga-laga Timnas Inggris

FA Ingin Ujicoba Teknologi Video di Laga-laga Timnas Inggris

FA Ingin Ujicoba Teknologi Video di Laga-laga Timnas Inggris

London – Chief Executive Federasi Sepakbola Inggris (FA) Martin Glenn ingin teknologi video bisa diujicobakan dalam pertandingan yang melibatkan tim nasional Inggris.

International Football Association Board (IFAB), badan kepengurusan yang menentukan aturan dari permainan sepakbola di seluruh dunia, sudah memberi lampu hijau mengenai ujicoba teknologi tersebut menyusul pertemuannya pada akhir pekan.

FA, selaku pendukung rencana tersebut, pun bersiap-siap untuk ikut melakukan ujicoba pada saat segala persiapan telah dilakukan. Laga tim nasional Inggris pun disebut akan cocok sebagai tempat ujicoba itu.

“Sudah pasti kami akan menawarkannya,” kata Glenn seperti dilansir Sky Sports.

“Tujuan dari dilakukannya hal tersebut adalah demi menghindari munculnya keputusan-keputusan buruk sehingga itu harus dilakukan di level atas karena cuma di sana ada sistem kamera yang dapat membuatnya berfungsi maksimal.

“Itu akan menjadi keputusan dari UEFA. Faktor yang membatasi adalah itu cuma akan berfungsi dengan maksimal jika ada banyak kamera,” tuturnya.

Menurut Glenn, partai-partai Piala FA juga akan ditawarkan untuk melakukan ujicoba tersebut. “Tentu saja kami akan melakukannya, juga partai U21, kami butuh pengalaman mengenai cara kerjanya.”

Dalam pertemuan akhir pekan lalu Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut keputusan IFAB mengenai ujicoba video merupakan sesuatu yang bersejarah, walaupun juga menambahkan teknologi video itu cuma akan menjadi hal permanen jika hasil ujicoba memperlihatkan bahwa penggunaannya bisa dilakukan tanpa mengganggu jalannya permainan.

“Kita tidak boleh menutup mata terhadap masa depan tapi bukan berarti ini otomatis akan berfungsi. Alur permainan amatlah penting, kami tak boleh membahayakan hal tersebut. Itu mengapa kita harus bersikap terbuka pada tesnya,” kata Infantino.